SUSAHNYA BIKIN KTP DI SIDOARJO

image-116973

Yani Widodo

Sidoarjo | IP.COM – Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Sidoarjo masih banyak mengalami kendala. Seperti dialami warga kelurahan Kauman kecamatan Sidoarjo kota, sudah satu tahun lebih KTP nya tidak jadi.

Agus Setiawan mengurus KTP nya, istri serta orangtua, “Sudah satu tahun lebih mas KTP saya, istri dan ibu ndak jadi”, keluh Agus Setiawan, kamis (11/8) “Padahal ada tetangga baru pindah buat KTP dua minggu sudah jadi” lanjut Agus Setiawan.

Blanko habis menjadi alasan pihak kelurahan maupun kecamatan. Sudah berkali – kali Agus menanyakan ke pihak kelurahan serta kecamatan. ” Sudah sering kali saya datang kekelurahan, soalnya mau tak buat ngurus BPJS kalau tidak ada KTP kan ndak boleh”, jelas Agus Setiawan.

Sementara itu ditempat terpisah, Yani Widodo bagian pelayanan KTP kecamatan Sidoarjo, mengatakan bahwa memang blangko habis tunggu kiriman dari pusat. “Sejak bulan April blangko habis dan belum dapat kiriman lagi dari dispenduk Sidoarjo, jadi kami kesulitan karena banyak pengajuan pembuatan KTP”, terang Yani saat ditemui diruang kerjanya.

Saat pewarta www.internalpublik.com menanyakan ada warga pindahan buat KTP dan cepat jadi, Yani berkilah karena mengajukan permohonan baru, sementara perihal Agus Setiawan dan keluarga sudah lama mengajukannya. “Kalau tahun 2014 itu masih urusan pusat, baru sejak 2015 jika ada pengajuan baru langsung dikelola oleh kecamatan setempat”, ujar Yani.

Di kecamatan Sidoarjo kota sudah punya alat cetak KTP sendiri yang hanya butuh waktu 15 menit. Kendala blangko menjadi alasan kenapa akhirnya KTP lama jadinya, karena nunggu dan antri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Sidoarjo, Drs. Medi Yulianto, M.Si mengatakan memang kementerian dalam negeri terlambat ikut lelang, tapi untuk blangko KTP kita masih ada stock. Jadi apa yang dikatakan pihak kecamatan tidak benar. “Kita ada kok bukti serah terima blangko, jadi kalau pihak kecamatan Sidoarjo kota mengatakan blangko bulan April sudah habis, itu tidak benar”, kata Medi.(isn)

Share

Share This Post

One Comment - Write a Comment

  1. Klo memang blanko ada knp warga yg mau ngurusin ktp berthn2 gk jdi2.. Tolong pihak dispenduk tingkatkan pelayanan kami warga Sidoarjo bnyk yg bth ktp.. Klo memang hrs byr, saya rasa warga siap byr asalkan dgn harga yg wajar..

    Reply

Post Comment