PROYEK PEKERJAAN FISIK GEDUNG INSPEKTORAT DIY DAN SELAYAKNYA INSPEKTORAT DIY SEBAGAI APIP HARUSNYA BISA MEMBERIKAN  CONTOH YANG BAIK BAGI SELURUH JAJARAN SKPD DI DIY

inspektorat diy

Yogyakarta | IP.COM –  Aparat Pengawas Internal Pemerintah(APIP) atau Pengawas internal pada institusi lain, merupakan unit organisasi di lingkungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Negara, Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang mempunyai tugas dan fungsi melakukan pengawasan dalam lingkup kewenangannya melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lain terhadap  penyelenggaraan tugas  dan fungsi organisasi. Institusi APIP antara lain seperti Inspektorat.

Menurut data yang dihimpun www.internalpublik.com 87 %  lebih kasus-kasus korupsi terjadi di pengadaan barang dan jasa. 85 % Kepala Daerah yang tersangkut hukum, kebanyakan terkait pengadaan barang dan jasa. Hal tersebut menjadi tugas penting APIP dalam mengawal pimpinan, mengawal SKPD dalam rangka pengadaan barang dan jasa, disamping Assurance, monitoring dan evaluasi, dan memberikan bimbingan kepada mitra kerja.

inspektorat diy 2

Salah satu contoh Proyek Pekerjaan Fisik Gedung Inspektorat D.I Yogyakarta, paket pekerjaan yang menelan anggaran Rp. 14 Miliar yang bersumber dari APBD 2019 tersebut merupakan paket pekerjaan yang di naungi langsung oleh satuan kerja Inspektorat D.I Yogyakarta.

Atas pekerjaan tersebut seharusnya Inspektorat DIY bisa memberikan contoh kepada SKPD-SKPD provinsi DIY agar bisa sesuai dengan tepat aturan, mutu dan kualitas pekerjaan. Dikarenakan Inspektorat DIY merupakan APIP yang selama ini bertugas dalam bidang pengawasan dan audit internal pemerintahan DIY.

inspektorat diy 3

Pada paket pekerjaan fisik gedung Inspektorat DIY tertuang dalam kontrak dengan nomor kontrak 027/01587 hanya meliputi pekerjaan struktur bangunan gedung 4 lantai dan dinding tanpa finising saja. Yang dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. NUSA PATRIA yang beralamatkanTegalan, Sidomoyo, Godean, Sleman, DIY dengan nilai kontrak Rp. 14.189.598.000,- dengan waktu pelaksanaan 24 Mei 2019 sampai 19 Desember 2019.

Sesuai keterangan Hendra selaku pelaksana teknis, progres pekerjaan tersebut sudah mencapai kurang lebih 90% hanya tinggal pemasangan atap dan sebagian dinding bangunan dan pekerjaan tersebut tidak ada pengurangan maupun penambahan item pekerjaan jadi semua sesuai dengan schedule.

Jadi pada pekerjaan fisik bangunan gedung Inspektorat DIY akan selesai tepat waktu, tidak perlu adanya perpanjangan waktu pelaksanaan dan tidak akan molor sesuai dengan batas waktu yang sudah di tentukan yaitu terakhir pekerjaan sampai 19 Desember 2019. Maka dari itu perlunya tindakan tegas satuan kerja Inspektorat DIY atas pekerjaan tersebut karen Inspektorat DIY merupakan APIP yang harus memberi contoh yang baik diseluruh jajaran SKPD DIY.(Her)

Share

Share This Post

Post Comment