POLRI SIAP BANTU KEJAKSAAN TANGKAP LA NYALLA

image006

Surabaya | IP.COM – Polri menyatakan siap membantu Kejaksaan Tinggi Jawa Timur untuk melacak dan menangkap La Nyalla Mattalitti yang kini ditetapkan sebagai buronan. La Nyalla diburu terkait kasus dugaan korupsi penggunaan dana hibah pada Kadin Jatim untuk pembelian saham perdana (IPO) Bank Jatim.

“Pasti (bergerak) dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah standar,” ujar Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Ketut Untung Yoga Ana saat dikonfirmasi, Selasa (29/3/2016) malam.

Namun Yoga mengaku belum menerima surat permohonan bantuan dari Kejaksaan untuk ikut membantu pencarian La Nyalla. Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Jawa Romy Arizyanto pada Selasa (29/3) menyatakan penetapan La Nyalla sebagai buronan karena tiga kali mangkir dari panggilan pemeriksaan dan diketahui pergi ke Malaysia.

Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie mengatakan pencegahan La Nyalla diberlakukan pada tanggal 18 Maret 2016, yaitu sejak diterimanya Surat Permintaan Pencegahan Kejaksaan Agung yang diterima pada tanggal yang sama. Namun La Nyalla diketahui ke Malaysia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada 17 Maret.

La Nyalla ditetapkan sebagai tersangka pada 16 Maret 2016 terkait dugaan korupsi penggunaan dana hibah tahun anggaran 2012 pada Kadin Jatim untuk pembelian saham perdana (IPO) Bank Jatim senilai Rp 5,3 miliar atas nama pribadi La Nyalla.

Sedangkan pengacara La Nyalla, Ahmad Riyadh, mengatakan, pihaknya belum menentukan langkah hukum terhadap penetapan kliennya masuk ke dalam daftar pencarian orang (DPO)

Tim penasihat hukum La Nyalla, masih konsentrasi menghadapi praperadilan di Pengadilan Negeri Surabaya. “Kita berharap praperadilan dikabulkan, agar bisa mematahkan penyidikan yang dilakukan kejaksaan,” terangnya.

Jika hasil dari praperadilan ditolak, Riyadh menegaskan, kliennya akan menghormatinya dan siap memenuhi panggilan penyidik Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.(*)

Share

Share This Post

Post Comment