PENAMBANGAN DI DUSUN BONO, DESA SIDOREJO, KEMALANG, KLATEN TIDAK MENGANTONGI IJIN ALIAS “ ILEGAL ”

WhatsApp Image 2019-10-04 at 22.05.53 (1)

Klaten | IP.COM – Pada akhir-akhir ini semakin maraknya penambangan ilegal di beberapa daerah di Jawa Tengah. Para pelaku usaha penambangan dengan beraninya melakukan eksplorasi atau menambang tanpa mengantongi ijin petambangan yang seharusnya.

Atas hal tersebut  maraknya aktivitas pertambangan ilegal di daerah wilayah Jawa Tengah, salah satunya disebabkan karena belum maksimalnya pengawasan dari dinas terkait di wilayah setempat. Ada di pemerintah kabupaten setempat yang ada pada Dinas Lingkungan Hidup, oleh sebab itu perlunya dinas juga harus mengawasi aktivitas penambangan ilegal tersebut.

Salah satunya di Kabupaten Klaten lebih tepatnya di Dusun Bono, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Di daerah tersebut terindikasi adanya pertambangan ilegal yang sudah berjalan cukup lama. Penambangan ilegal tersebut banyak merugikan masyarakat maupun negara bahkan sudah melanggar hukum perundang-undangan yang berlaku.

Tak hanya melanggar pasal 158 UU No. 4/2009 tentang Minerba dan UU 32/2009. Penambangan secara ilegal juga merugikan daerah atau provinsi. Karena, pelaku ilegal eksplorasi SDA ditengarai juga menghindari pajak negara sesuai amanat UU nomor 28 tahun 2009 tentang perpajakan.

Oleh karena itu perlunya tindakan tegas dari aparat penegak hukum maupun dinas terkait untuk melakukan penertiban adanya penambangan ilegal tersebut.(Red)

Share

Share This Post

Post Comment