Pembangunan Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi Kab. Grobogan Beserta Pembangunan Paving dan Drainase Terindikasi Banyak Penyimpangan Dengan Program ( A B S = Asal Bapak Senang)

TAMAN KULINER PURWODADI

Grobogan | IP.COM – Pembangunan infratruktur pendukung perekonomian sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat atau taraf hidup masyarakat. Dengan anggaran yang bersumber dari APBD Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Lingkungan Hidup merealisasikan pembangunan Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi.

Pada pembangunan taman kuliner tersebut menelan anggaran yang tidak sedikit dan dalam pelaksanaannya satu lokasi terdapat dua paket pekerjaan sekaligus. Di setiap paket pekerjaan tersebut dengan nama paket pekerjaan yang berbeda, untuk Pembangunan Setral Kuliner sendiri dengan nama paket pekerjaan Belanja Modal Kontruksi Taman Kuliner dan Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi Sedangkan untuk Pekerjaan Drainase dan Pavingisasi dengan nama paket pekerjaan Pembangunan Drainase Pavingisasi Taman Kuliner Purwodadi. Dana kedua paket pekerjaan tersebut bersumber dari APBD tahun anggaran 2019.

Untuk paket pekerjaan Belanja Modal Kontruksi Taman Kuliner dan Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi menelan anggaran Rp. 4.963.997.670,70 dengan pelaksana CV. KUSUMA dan untuk paket pekerjaan Pembangunan Drainase Pavingisasi Taman Kuliner Purwodadi sendiri menelan anggaran Rp 1.059.261.009,70 dengan pelaksana CV. DUA CAHAYA.

DUA CAHAYA

Adanya Dugaan penyimpangan terlihat dari rendahnya mutu kualitas item – item pekerjaan yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dan analisa teknis yang telah dituangkan dan disetujui dalam rencana mutu kontrak (RMK). Pada pelaksanaan paket pekerjaan tersebut berpotensi terjadi kegagalan konstruksi. Potensi Kegagalan konstruksi sudah terlihat dari kualitas serta estetika pada pelaksanaan item-item pekerjaan yang belum memenuhi standar kualitas yang ditetapkan dalam spesifikasi teknis.

Pelaksanaan pekerjaan tersebut terdapat item-item pekerjaan yang diduga tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditetapkan misalnya item Mutu dan kualitas diduga campuran bahan tidak sesuai dengan spesifikasi karna terlihat dari kualitas, kuantitas pelaksanaan Paket Pekerjaan Belanja Modal Kontruksi Taman Kuliner dan Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019 dan Pembangunan Drainase Pavingisasi Taman Kuliner Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019 tersebut kini terlihat tidak dapat terlaksana dengan sempurna karena saat pengerjaan terkesan asal-asalan dengan Program ( A B S = Asal Bapak Senang).

SENTRAL KULINER PWD

Hasilnya keadaan bangunan terlihat berkualitas dan/atau bermutu rendah serta berpotensi mengalami kegagalan kontruksi. Padahal, Penyedia Jasa dalam melaksanakan item-item pekerjaan tersebut dapat diawasi sejak dini mulai mekanisme daftar simak yang dituangkan dalam form request pekerjaan dan kuat diduga sangat lemahnya pengawasan dari konsultan pengawas karena dilihat dari hasil pekerjaan yang sangat kurang baik.

_DSC0169

Atas jawaban konfirmasi Media Investigasi Internal Publik (www.internalpublik.com) apabila terdapat penyimpangan pada pelaksanaan Paket Pekerjaan Belanja Modal Kontruksi Taman Kuliner dan Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019 dan Pembangunan Drainase Pavingisasi Taman Kuliner Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Grobogan, PPK, Kontraktor dan Konsultan Pengawas akan bertanggung jawab sepenuhnya sesuai aturan maupun hukum yang berlaku.

_DSC0193

Dengan hal ini maka perlunya pihak-pihak dan/atau instansi-instasi terkait mengaudit maupun memeriksa satuan kerja Dinas Lingkungan Hidup Kab. Grobogan berserta PPK dan diperkuat dengan Kinerja Kontraktor dan Konsultan Pengawas atas Paket Pekerjaan Belanja Modal Kontruksi Taman Kuliner dan Revolusi Mental Simpang Lima Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019 dan Pembangunan Drainase Pavingisasi Taman Kuliner Purwodadi yang bersumber dari APBD T.A 2019.(Her)

Share

Share This Post

Post Comment