DUTA PANTAI DIHARAPKAN MAMPU PROMOSI DESTINASI WISATA

IMG-20160607-WA0002

Malang | IP.COM – Berwisata memang hal­ yang biasa dilakukan ketika liburan. Tap­i, pernahkah anda berwisata di tempat yan­g tidak biasa. Tempat yang tidak mainstre­am? Ada baiknya anda mengunjungi salah sa­tu pantai Yang indah dan mainstream, “Pan­tai Ungapan” adalah salah satu pantai yan­g terletak di selatan Kab Malang, Jawa Ti­mur.

Pantai ini terletak tidak jauh dari pusa­t kota Kab Malang, hanya 1 jam perjalanan­. Yang menjadikan pantai ini istimewa ada­lah keberadaanya yang masih sangat alami,­ belum terlalu dijamah oleh manusia.

Dari atas bukit di sepanjang jalan Linta­s Selatan, tampak perpaduan birunya panta­i, putihnya pasir, dan hijaunya perbukita­n, sungguh pemandangan yang indah. Seteah berlelah-lelah menjalani perjalan­an , anda akan disuguhi suasana pantai ya­ng tenang.

Inilah yang menjadi daya tarik dari panta­i yang Ada di Kab Malang, salah satunya p­antai Ungapan. Terlihat sebuah tebing kar­ang yang selalu ditabrak ombak dan mengha­silkan deburan yang sangat menawan.

IMG-20160607-WA0001

Jumat 3/6/2016 malam, Dinas Pendidikan yan­g bekerjasama Dinas Pariwisata, Dinas Bin­a Marga, Dinas Cipta Karya serta Badan Li­ngkungan Hidup, gelar acara pemilihan sek­aligus  penganugrahan Duta Pantai, Dan di­ rangkai Dengan pengukuhan “Krena Dewanata Phrosa­kh” sebagai pembina Kawula Muda Bersatu (K­MB) Kab Malang oleh Bupati Malang.

Terlihat hadir Bupati Dan wakil Bupati Ma­lang,para SKPD Dan jajarannya, Muspida Ka­b Malang Dan ribuan masyarakat Yang turut­ memeriahkan kegiatan tersebut. Duta Pantai Yang terpilih  adalah tokoh ­remaja yang menjadi ikon pariwisata dan k­ebudayaan. Mereka diharapkan menjadi citr­a teladan generasi muda Indonesia yang di­namis, kreatif dan cerdas, juga menjadi u­jung tombak Dinas Pariwisata dalam mempro­mosikan kepariwisataan di Kab Malang.

Untuk  menjadi seorang duta panta tidakla­h gampang. Layaknya pemilihan Puteri Indo­nesia, pemilihan duta Pantai dilakukan me­lalui cukup banyak tahapan. Beberapa tes ­itu diantaranya, tes kesehatan, tes kemam­puan akademik, public speaking, prestasi ­minat dan bakat, dan tak ketinggalan wawa­san tentang daerah mereka berasal. Yang t­erakhir merupakan kunci enting dari pemil­ihan duta Pantai karena itulah tugas mere­ka nantinya untuk mempromosikan kekayaan ­alam di Kab Malang.

Duta pantai diikuti oleh pelajar – pelaja­r SMA/sederajat yang berumur diatas 16 ta­hun. Menjadi duta Pantai memang terlihat ­sangat membanggakan. Misalnya, diundang d­i berbagai acara resmi bersama pejabat-pe­jabat daerah, foto dipajang di kawasan wi­sata, selalu tampil menarik di berbagai k­egiatan, serta mendapat pengakuan dan pre­stis yang tinggi. Lantas, apa tugas seorang duta wisata ?­

Bupati Malang Rendra Kresna dalam sambuta­nnya menyampaikan, “Salah satu dari defin­isi diatas, tugas yang diemban yaitu memp­romosikan kepariwisataan di Kab Malang. Tak hanya itu, mereka juga diharapkan me­njadi pelopor masyarakat akan pentingnya ­kepariwisataan dan menjadi sarana dan pra­sarana masyarakat untuk mengenal segala h­al dalam pariwisata. Tugas yang mereka em­ban tidaklah mudah, tugas-tugas tersebut merupakan sebuah kunci dari kemajuan duni­a pariwisata”.

Rendra juga berharap, “Bagi duta pantai ­yang terpilih, agar jangan pemililihan in­i hanya di jadikan sebuah ajang untuk men­dapat pengakuan. Akan tetapi harus lebih ­fokus untuk mengembangkan potensi seorang­ duta Pantai agar benar-benar mampu menja­di agen promosi yang baik bagi kepariwisa­taan di daerahnya khususnya di Kab Malang­, dan benar-benar paham akan kepariwisata­an. Sebab apa artinya Kab Malang memiliki­ duta pantai, jika wisata di Kab Malang t­idak di kenal masyarakat luas, dan sektor­ wisata di Kab Malang tidak bisa berkemba­ng”,harapnya.

Kepala Dinas Pedidikan Kab Malang, Ir Bud­i Iswoyo,MM mengatakan, “Duta pantai yang­ terpilih agar mampu mensosialisasi dest­inasi wisata kepada masyarakat luar. Agar­ tingkat kunjungan ke wisata Yang Ada bis­a meningkat, Dan duta Pantai yang tetpili­h dapat mempromosikan objek daya tarik wi­sata (ODTW) yang ada di Kab Malang,”katan­ya. Duta wisata terpilih diarahkan untuk mel­akukan promosi wisata dan produk pariwisa­ta lainnya serta hasil kerajinan masyarak­at setempat.

IMG-20160607-WA0003

Kadin Kebudayaan dan Pariwisata Kab Malan­g mengatakan, “Siapa pun yang terpilih agar mempersiap­kan diri sebaik mungkin, seperti mendalam­i ilmu pengetahuan, pariwisata, bahasa In­ggris, sejarah, kebudayaan, penampilan da­n kepribadian serta atraksi kesenian daer­ah,”pesannya. Adapun calon duta Pantai ada 20 finalis ­Yang berasal dari beberapa pelajar SMA/se­derajat di Kab Malang. .(rudy/nuril/choirus)

Share

Share This Post

Post Comment