ANIES : ” PENATAAN BANTARAN KALI WINONGO BAKAL JADI PERCONTOHAN DI JAKARTA “

tata-bantaran-kali-ibu-kota-anies-contek-sungai-winongo-yogyakarta

Yogyakarta | IP.COM – Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan melihat langsung bantaran Kali Winongo di Kampung Ngampilan Kota Yogyakarta. Sebab penataan di bantaran Kali Winongo di tahun 2016 dikatakan berhasil dan bisa menjadi kawasan percontohan.

“Kami datang ke sini untuk melihat dari dekat, di sini teman-teman sudah melakukan (penataan) sejak tahun 2009. Di sini warga diajak memikirkan bersama-sama. Bagaimana sungai menjadi bagian dari warga, warga disadarkan paradigmanya,” ujar Anies saat meninjau Kali Winongo Yogya, Rabu (19/7/2017).

Paradigma yang dimaksud Anies seperti merubah perspektif warga, yang semula kediamannya membelakangi sungai diubah untuk menghadap ke sungai. Memang untuk mengubah paradigma ini diakui Anies sulit, namun tetap bisa diusahakan. “Dari membelakangi sungai menjadi menghadap ke sungai,” akunya.

tanpa-menggusur-warga-anies-ingin-sungai-jakarta-jadi-sentral-kegiatan-ImEWkwF1KU
Anies menambahkan, penataan Bantaran Kali Winongo yang melibatkan masyarakat, rencananya bakal dijadikan contoh penataan bantaran sungai di Jakarta. Menurutnya penataan bantaran sungai di Jakarta, tidak lagi dilakukan dengan menggusur rumah warga, melainkan melibatkan langsung warga.

“Penataan harus melibatkan masyarakat. Tidak kalah penting penataan (di Jakarta), selama kampanye kemarin kami bilang mau menata kampung, bukan menggusur. Menata itu artinya warga di sini diajak rembukan bersama-sama. Mencari solusi bersama, ini contohnya ada di sini,” pungkasnya.(*)

Share

Share This Post

Post Comment